breaking

Arsip Blog

World View

World View

Menarik

Menarik

Khas Nusantara

Khas Nusantara

Keunikan Acara Sedekah Bumi di Cluwak

Share This

Margoyoso Update - Berbagai cara dilakukan warga dalam memeriahkan sedekah bumi atau bersih-bersih desa. Seperti di Desa Bleber, Kecamatan Cluwak, Pati, puluhan warga ikut dalam lomba lari gendong istri yang memperebutkan hadiah utama seekor kambing jantan. Selain hadiah kambing, panitia juga memberikan hadiah 25 ekor ayam dan sejumlah uang tunai. Ribuan warga berteriak-teriak memberikan semangat kepada seluruh peserta yang ikut dalam perlombaan. Dimulai dari garis start, para peserta terus berlari sambil menggendong istrinya yang menempuh jarak 300 meter. Ribuan warga pun memadati jalan desa untuk menyaksikan perlombaan tersebut. Meskipun dengan susah payah, namun seluruh peserta akhirnya bisa mencapai garis finish.
Salah satu peserta, Sutawji menuturkan meskipun baru pertama kali mengikuti lomba ini namun ia tetap semangat dan terus berlari untuk mencapai garis finish. Selain itu, ia merasa bangga karena dapat menghibur warga dengan aksinya saat ia berlari menggendong istrinya dan berhasil meraih juara kedua. Salah satu istri pelari yang digendong, Nur Azisah mengatakan saat digendong berlari suaminya ia merasa gemetar karena baru pertama kali ia digendong sambil berlari. Namun ia bersyukur karena dapat menjadi salah satu pemenang. Kepala Desa Bleber, Suyono mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian sedekah bumi atau bersih-bersih desa yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dipilihnya perlombaan gendong istri ini agar kerukunan dan keharmonisan dalam rumah tangga di Desa Bleber lebih harmonis lagi agar tercipta keluarga bahagia dan sejahtera. Dalam perlombaan tersebut masing-masing pelari memperebutkan hadiah utama seekor kambing jantan dan 25 ekor ayam. Sebelum pertandingan dimulai, terlebih dahulu dilakukan arak-arakan keliling desa yang dipimpin langsung kepala desa dengan menaiki kereta. (Hasanuddin - Pati)

About streaming tv

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply