breaking

Arsip Blog

World View

World View

Menarik

Menarik

Khas Nusantara

Khas Nusantara

Ratusan Warga Mojoagung Berebut Nasi Berkat

Share This


Margoyoso Update - Ratusan warga berebut makanan gunungan dan nasi tumpeng yang dibagikan dalam ritual sedekah bumi di Desa Mojoagung, Trangkil, Pati. Budaya warisan leluhur untuk mendapatkan berkah ini sayangnya diwarnai dengan tindakan warga yang merebut makanan sebanyak-banyaknya tanpa mengindahkan makna sesungguhnya dari tradisi tersebut. Ritual diawali dengan arak-arakan gunungan dari rumah kepala desa dipimpin Kepala Desa Tejo Pramono. Prosesi yang digelar pada bulan jawa apit ini berjalan mengelilingi penjuru desa. Tradisi yang sudah dijalankan turun temurun ini merupakan simbolisasi rasa syukur warga atas limpahan berkah yang diberikan Tuhan sepanjang tahun, terutama dalam usaha pertanian dan industri tepung tapioka. Setiba di punden desa, prosesi dilanjutkan dengan ritual doa di depan makam leluhur desa.
Namun di saat kepala desa dan perangkatnya tengah memanjatkan ritual doa, ratusan warga yang sudah tak sabar menghadang gunungan yang baru memasuki kompleks punden desa. Dalam sekejap berbagai makanan yang ada di gunungan ludes dirampas warga. Selain kirab dan ritual doa di punden leluhur desa, acara bersih desa ini juga menggelar pertunjukan wayang orang semalam suntuk di lokasi yang sama. (Hasanuddin - Pati)

About streaming tv

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply