breaking

Arsip Blog

World View

World View

Menarik

Menarik

Khas Nusantara

Khas Nusantara

Berebut Nasi Tumpeng di Punden Mbah Tareko Desa Mintomulyo Juwana

Share This



Margoyoso Update - Ratusan orang tua dan anak-anak saling berebut nasi tumpeng di Punden Mbah Tareko Desa Mintomulyo, Kecamatan Juwana Pati. Kedatangan warga tersebut untuk mengikuti prosesi sedekah bumi dengan pembagian nasi tumpeng yang digelar setiap tahun pada bulan Apit Dzulqa’dah di desa tersebut. Karena takut kehabisan, akhirnya warga saling berebutan. Prosesi diawali dengan kirab tumpengan dari rumah kepala desa menuju makam leluhur dan diakhiri dengan pembagian nasi tumpeng yang diperebutkan ratusan warga setempat. Sepanjang jalan, ratusan warga yang telah menanti sejak pagi menyaksikan prosesi acara yang hanya berlangsung setahun sekali ini.
Puncak prosesi sedekah bumi ditandai dengan pembagian nasi tumpeng yang diperebutkan ratusan warga. Warga yang sudah tak sabar bahkan harus berdesakan untuk mendapatkan nasi tumpeng tersebut. Salah satu warga dari Kalimantan, Sri Lestari menuturkan selama satu minggu dirinya ke Pati hanya untuk mencari berkah dari nasi tumpeng itu. Mereka meyakini nasi tumpeng yang mereka peroleh dari acara sedekah bumi di makam Mbah Tareko ini akan memberi berkah baik dalam hubungan keluarga maupun pekerjaan, sehingga mereka rela berebut untuk mendapatkan nasi tersebut walaupun terinjak injak. Kepala Desa Mintomulyo, Supoyo mengatakan prosesi ini merupakan bagian dari tradisi tahunan yang dilaksanakan bulan apit. Sebelum prosesi di mulai, nasi tumpeng dipikul mengelilingi desa dengan berjalan kaki dengan memakai pakai adat setempat. Kegiatan rutin warga Desa Mintomulyo tersebut kini telah menjadi salah satu tradisi yang memiliki daya tarik bagi luar daerah, bahkan sampai luar Jawa seperti Sumatera, Lampung dan Kalimantan hanya ingin mendapatkan berkah dari nasi tumpeng tersebut. (Hasanuddin - Pati)

About streaming tv

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply