breaking

World View

World View

Menarik

Menarik

Khas Nusantara

Khas Nusantara

Kulit Manggis Sulap Jadi Minuman Berkasiat

Share This

MargoyosoUpdate.com - Kulit manggis yang biasanya dibuang percuma ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Peluang ini tak disia-siakan oleh bambang  warga Desa Mertokusuman kota pati yang berhasil mengolah limbah kulit manggis menjadi minuman kesehatan berkasiat tinggi. Kulit dan buah manggis yang sudah mengering ini sebelumnya merupakan limbah perkebunan yang dibuang begitu saja. Oleh bambang limbah manggis dari perkebunan ini dibeli seharga 2 ribu perkilogram. Proses pengolahan yang dilakukan cukup sederhana. Manggis yang masih utuh atau berupa kulit dipotong menjadi bagian-bagian kecil. Selanjutnya potongan manggis ini dihaluskan ke tempat penggilingan kopi. Kulit manggis yang sudah menjadi serbuk selanjutnya dijemur hingga kering. Setelah tiga hari dijemur serbuk kulit manggis lalu dimasukkan ke dalam air mendidih. Selanjutnya larutan kulit manggis disaring untuk membuang serbuknya. Agar minuman semakin nikmat dan berkhasiat bambang menambahkan madu secukupnya. Selanjutnya minuman kesehatan ekstrak kulit manggis siap dikonsumsi . Bambang mengungkapkan minuman ekstrak kulit manggis ini sangat bermanfaat bagi tubuh terutama penderita diabetes.
Sifat Zat Xanthone yang terkandung dalam kulit manggis bekerja menekan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu kandungan zat lain dalam ekstrak kulit manggis juga dapat digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker ginjal dan lainnya. Bambang mengaku saat ini masih memasarkan ekstrak kulit manggis bikinannya di kalangan terbatas. Harga yang dipatok tiap botol ukuran 140 mililiter hanya Rp 7.000. saat ini bambang memang masih mengedarkan produknya di kalangan terbatas. Rencananya setelah memenuhi semua perijinan yang diajukan Bambang akan memproduksi ekstrak kulit manggis secara massal agar bisa dikonsumsi masyarakat luas. (Hasanuddin - Pati)

About streaming tv

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply