breaking

Arsip Blog

World View

World View

Menarik

Menarik

Khas Nusantara

Khas Nusantara

Inilah Penolakan Secara Halus Saat Ada Tawaran Kerja

Share This

Rejection In Smooth When There's Job Posting
Margoyoso Update - Berhadapan dengan orang-orang 'sulit' di kantor memang bisa menjadi momok tersendiri bagi setiap orang. Apalagi jika kemudian orang-orang ini menghadapkan Anda pada posisi sulit untuk menolak tawaran mereka.

Berikut ada beberapa tips berkata "tidak" dengan sopan pada rekan atau atasan, untuk sesuatu hal yang sebenarnya tidak ingin dan tidak wajib Anda lakukan.

1. Jika Anda diminta untuk menyumbang kado atau uang untuk rekan yang tidak Anda suka atau untuk rekan yang Anda belum kenal...

Katakan: "Maaf, saya tidak bisa ikut memberi karena kami masih belum begitu saling mengenal,"

Jika pada saat itu, keuangan Anda sedang krisis, maka Anda cukup memberitahukan bahwa Anda tidak bisa memberi karena Anda lagi bokek.

Hal ini lebih baik Anda utarakan daripada jika Anda tetap memberi tapi dengan terpaksa.

2. Jika atasan Anda menyuruh Anda mengerjakan terlalu banyak proyek...

Katakan: "Maaf, pak/bu. Saya saat ini sedang mengerjakan proyek A, B, dan C ini. Jadi mana yang harus saya utamakan lebih dulu, proyek-proyek ini atau tugas baru dari bapak/ibu? Karena saya tidak mungkin menyelesaikan semuanya dalam waktu bersamaan.

Poin pentingnya adalah buatlah atasan Anda memahami bahwa Anda manusia dan bukan robot, dan Anda akan menyelesaikan tugas-tugas Anda sesuai dengan kesepakatan awal.

Ungkapkan keberatan Anda akan tugas yang overloading dengan bijak dan sopan. Sikap seperti ini mudah diterima daripada jika Anda bersikap merengut atau mengeluh.

3. Jika Anda diminta pendapat tentang ide bos Anda yang buruk atau kurang dapat diterima...

Katakan: "Sebenarnya ide bapak/ibu bagus, tapi saya lebih setuju pada ide yang pertama tadi (atau ide rekan Anda yang lain). Saya pikir....(ajukan alasan mengapa Anda lebih menyetujui ide tersebut).

4. Jika ide rekan atau bawahan Anda buruk....

Katakan: "Hmm, ide itu sebenarnya bagus juga, tapi memang kurang pas jika diterapkan pada proyek ini. Tapi, ide itu telah memberi wawasan baru bagi saya."

5. Jika ada rekan atau siapapun yang tiba-tiba nongol dan mengganggu kesibukan Anda....

Katakan: "Maaf yah, saat ini saya benar-benar sedang sibuk, tidak bisa diganggu."

Dalam hal ini Anda jangan sampai terperosok dalam obral janji. Jika rekan Anda memang benar-benar memiliki kepentingan maka tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu, namun jika Anda benar-benar sibuk, maka buatlah janji untuk bertemu di waktu luang Anda.

Sedangkan untuk rekan yang hanya usil saja, maka Anda tidak perlu berbasa-basi.

6. Jika Anda mendapat undangan tidak resmi di luar jam kantor dan Anda tidak bisa hadir

Katakan: "Hmm, kedengarannya menarik. Namun sayang sekali saya tidak bisa hadir karena nanti malam saya ada janji."

7. Jika rekan terkesan memaksa Anda untuk memberi saran tentang sesuatu hal....

Katakan: "Maaf pikiran saya lagi blank sekarang, tidak ada ide sama sekali. Nanti, jika saya ada ide, saya akan beritahu Anda."

Ternyata tidak sulit bukan untuk menolak secara halus tawaran-tawaran yang datang pada Anda?! Anda hanya harus pandai memilih kata-kata yang bijak dan sopan, berbicara dengan rendah hati, dan Anda pun tetap bisa jujur, baik pada diri sendiri dan juga orang lain

About streaming tv

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply