breaking

Arsip Blog

World View

World View

Menarik

Menarik

Khas Nusantara

Khas Nusantara

MURID MA SALAFIYAH KAJEN OUTBOND SAMPAH DI TPA MARGOREJO

Share This




MargoyosoUpdate.com (Pati, Margorejo) - Ratusan murid MA Salafiyah Kajen Kecamatan Margoyoso, mengikuti serangkaian pengalaman berpetualang (outbond), untuk menambah wawasan pengetahuan tentang sampah. Mereka outbond ke  TPA  Margrejo Pati, untuk mengetahui bagaimana mengolah dan memanfaatkan sampah.

Sekitar 130 murid dari tiga kelas MA Salafiyah ini out bond limba di TPA Margorejo, Jumat pagi kemarin, 30 Maret 2012.  Out bond itu merupakan bagian dari pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran biologi dengan materi pokok pencemaran lingkungan dan upaya mengatasinya Limbah.

Kepala MA Salafiyah Kajen Drs H Abdul Kafi  melalui Guru Mata Pelajaran Ali Mahmudi SPd mengatakan,  tujuan lain murid-muridnya melakukan outbond di TPA Margorejo ini, hanya mengetahui sampah secara realiata. Tapi bagaimana mengolah dan memanfaatkan sampah, seperti untuk pupuk kompos.

“Agar sampah tidak menjadi masalah, dan berdampak pada nilai positif terhadap keseimbangan ekosistem, siswa tidak hanya mengunakan kata ‘Annadhafatu mina iman (kebersihan sebagaian dari iman). Tapi kalimat itu bukan sekedar jorgan semboyan saja, namun bagaimana bisa sesuai dengan realita,” tegasnya.

Menurut Ali Mahmudi S.Pd, saat outbond berlangsung, guru memberikan kesempatan murid-muridnya untuk saling berdiskusi  dan tanya jawab dengan Pelaksana Lapangan TPA Margorejo, untuk menyusun penugasan.  Serta melihat langsung, proses pemilahan sampah oleh para pemulung untuk didaur ulang, atau untuk dijual kepada pengepul.

Sementara Pelaksana Lapangan TPA Margorejo Pati, Suwirya mengaku bangga, senang dan terharu, karena masyarakat sudah ada yang peduli pada sampah. Seperti yang dilakukan murid-murid MA Salafiyah Kajen, dalam proses pembelajarannya.(*)

About streaming tv

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply